Monday, May 4, 2009

Tugas analisa website (chapter 8)

GARUDA INDONESIA


PAST

Garuda Indonesia telah melayani penerbangan Nasional maupun Internasional jauh sebelum teknologi Internet berkembang di Indonesia, maka dari itu, Garuda Indonesia hanya melayani pemesanan tiket secara offline melalui counter-counter resmi Garuda dan travel agent yang menjadi rekanan.

CURRENT

Website yang dikelola Garuda Indonesia telah memiliki fitur yang boleh dibilang lengkap, karena telah memiliki fitur pemesanan online, meskipun hanya dapat diakses untuk penerbangan domestik. Selain memiliki fitur pemesanan online, website Garuda juga menampilkan informasi-informasi dan promosi-promosi fasilitas dan layanan Garuda Indonesia.

FUTURE

Website Garuda sebenarnya dapat lebih dikembangkan dengan menambahkan fitur pemesanan online untuk penerbangan dengan rute Internasional, selain itu juga dapat ditambahkan fasilitas pendaftaran dan penambahan data dan informasi tentang mileage reward Garuda sehingga anggota GFF Garuda dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar membership mereka.

Selain itu juga, fitur yang penting untuk dikembangkan oleh Garuda melalui websitenya adalah fitur ONLINE CHECK-IN dimana dengan adanya fitur ini pelanggan dapat memesan kursi sesuai dengan yang diinginkan dan yang dibayar serta dapat mencetak langsung boarding pass mereka, sehingga tidak menyebabkan antrian yang cukup panjang pada counter cek in bandara. Tentunya saran ini dapat diaplikasikan dengan sistem yang menunjang, karena dapat terjadi kesalahan pencatatan nomor tempat duduk yang sama dalam satu penerbangan pada pemegang boarding pass yang berbeda.

Bila hal diatas dapat diaplikasikan, maka dapat dipastikan bahwa Garuda Indonesia akan memperoleh penghematan yang cukup besar dalam pencetakan Boarding Pass, serta dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada pelanggan yang mengantri di counter cek in karena pelanggan hanya perlu menunjukkan Boarding pass yang sudah dicetaknya, serta memasukkan bagasi (bila ada). Bila pelanggan tidak membawa bagasi maka pelanggan dapat langsung ke proses selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment